Tuesday, August 30, 2016

IJakarta, Solusi Tepat Untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat




Tak dapat dipungkiri lagi bahwa seiring waktu berjalan maka teknologi pun semakin berkembang sangat pesat dan juga tidak dapat dihindari guna untuk mempermudah aktivitas manusia. Saat ini, berbagai jenis teknologi yang canggih pun bermunculan seperti salah satu teknologi yang dikembangan oleh PT. Aksaramaya, yaitu IJakarta. Apa itu IJakarta? Seperti yang dilansir oleh Aksaramaya, bahwa IJakarta merupakan aplikasi Perpustakaan Digital (ePustaka) yang dilengkapi dengan reader untuk membaca eBook dan fitur-fitur media sosial, dikembangkan dalam beberapa sistem operasi sehingga bisa digunakan untuk berbagai perangkat komputer dan telepon pintar dengan cara online dan offline. IJakarta ini hadir sebagai sumber penyedia bahan bacaan yang menyenangkan dan mudah diakses tanpa dibatasi ruang dan waktu untuk warga Jakarta. Dengan IJakarta, warga Jakarta dapat berinteraksi dengan warga lainnya dengan fitur-fitur media sosial yang terdapat di dalamnya. Hadirnya IJakarta ini agar menjadi media untuk mempercepat penyampaian informasi dan juga sarana publikasi milik warga Jakarta yang dapat dinikmati oleh warga, dari warga untuk warga. IJakarta juga menjadi pusat pengembangan potensi warga DKI Jakarta yang berbasis teknologi digital melalui beragam program terapan terpadu, seperti taman bacaan digital warga, pelatihan menulis secara digital, membentuk komunitas baru, dan mengembangkan potensi komunitas yang sudah terbentuk di lingkungan warga.


Berdasarkan lansiran Jakarta Globe yang telah saya terjemahkan kedalam bahasa indonesia, bahwa Woolu Aksaramaya atau Aksaramaya telah bekerja sama dengan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta untuk membangun sebuah aplikasi perpustakaan digital atau yang dikenal dengan IJakarta. "IJakarta memiliki fitur-fitur sosial media. Hal ini akan membuat membaca menjadi lebih menyenangkan," ujar Sulasmo Sudharno, CEO dan salah satu Founder Aksaramaya. IJakarta merupakan aplikasi perpustakaan digital pertama yang menawarkan lebih dari 5,000 judul dari penerbit terkenal. Sulasmo juga menambahkan, "Pemasaran untuk buku digital di Indonesia belum ada, tapi jika kamu membuatnya gratis, maka akan ada ribuan orang yang mendownload e-book nya,".



IJakarta mulai diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 13 Oktober 2015 lalu di Balai Kota, Jakarta. IJakarta ini merupakan Perpustakaan dalam bentuk baru yang berbasis pada media sosial. Berdasarkan lansiran BPAD JakartaGubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa kita panggil Ahok mengatakan perpustakaan digital iJakarta sebagai sarana dalam meningkatkan minat baca. Aplikasi tersebut sebagai bagian dari Jakarta Smart City. “Kami ingin masyarakat mudah memperoleh buku yang berkualitas. Selain itu, perpustakaan digital iJakarta dapat dijadikan sarana menerbitkan buku secara digital untuk warga yang senang menulis tanpa harus mencetak buku. Banyak yang dapat dihemat,“ ucap Ahok ketika launching iJakarta di Balai Agung-Balai Kota, Selasa 13 Oktober 2015. Ahok  merupakan orang yang sangat senang bila  ada orang-orang kreatif dengan ide-ide “gila” yang mau dan mampu bekerja dalam mewujudkan keinginan beliau dalam mencerdaskan anak-anak bangsa ini. Ini merupakan sebuah terobosan baru yang dilakukannya dalam menghadapi era yang serba digital ini. Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta, Tinia Budiati mengatakan, perpustakaan digital iJakarta ini menyediakan ribuan buku dari beragam kategori. Mulai dari buku pelajaran sekolah, kuliah, ilmu pengetahuan umum, biografi, sejarah, dan buku-buku populer lainnya yang dapat diakses seluruh warga Jakarta.


   
Aplikasi perpustakaan digital tersebut dilengkapi dengan  beragam fitur membaca dan fitur media sosial. Oleh karena itu, orang-orang yang akan membaca buku juga dapat berinteraksi lewat beragam fitur media sosial yang dibenamkan. IJakarta juga dilengkapi e-reader untuk membaca buku digital yang dapat diakses melalui beragam perangkat seperti PC, Tablet, serta Smartphone (Android dan iOS). Menurut lansiran Tribun News, Ahok mengatakan bahwa Perpustakaan digital iJakarta adalah sarana untuk meningkatkan minat baca dan menjadi bagian Jakarta Smart City. Selain itu, para pembeli dan juga penerbit akan diuntungkan dengan aplikasi tersebut karena tidak perlu lagi membutuhkan kertas lalu mencetaknya menjadi buku sehingga biaya produksi pun berkurang. "Dengan aplikasi ini, semua orang juga dapat menjadi penulis karena sifatnya online seperti di Kompasiana, dan situs bacaan online lainnya," tambahnya. Seiring dengan perkembangan Ijakarta, aplikasi ini sudah melebihi dari apa yang Ahok minta. Seperti yang dilansir oleh Kompas, Ahok mengatakan "Saya mau bohong jadi enggak bisa. Dia bisa tahu saya bacanya berapa menit. Kurang ajar enggak tuh ha-ha-ha. Saya enggak ngajarin begitu padahal,". "Saya yakin ini sangat revolusioner dan merupakan kebanggaan kita," sambungnya. Ahok semakin senang karena aplikasi ini merupakan hasil dari ide kreatif dan inovatif anak-anak muda. Ahok ingin jumlah buku digital yang tersedia di IJakarta semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Dia telah menginstruksikan kepada anak buahnya untuk menganggarkan pembelian buku-buku digital itu. Judul buku yang sudah ada dan banyak antreannya akan ditambah supaya orang tidak perlu lama mengantre. Satu keunggulan iJakarta yang juga disukai Ahok adalah sistem pengembalian buku otomatis. Pembaca tidak perlu menekan tombol apapun jika ingin mengembalikan buku. Buku secara otomatis akan dikembalikan setelah waktu peminjaman habis. "Dulu saya sering pinjam buku dan denda mulu tahu enggak. Itu karena lupa balikin, mau balikin lupa bawa bukunya. Kalau ini kan balik sendiri dia. Saya pikir bagus sekali ini, terus saya dorong buat promosi ini," ujar Ahok.


Saya menyarankan untuk menggunakan aplikasi IJakarta karena di IJakarta ini mempermudahkan kamu untuk membaca. Jadi dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menghemat banyak waktu. Dan juga IJakarta ini compatible dengan PC (berbasis website), tablet, dan bahkan Smartphone (Android dan iOS). Selain itu, kategori bukunya pun juga sangat banyak. Jadi kamu tinggal memilih kategori yang dibaca, lalu mengunduh bukunya dan setelah itu membacanya. Apalagi saat ini banyak sekali orang yang menggunakan Smartphone. Jadi kamu bisa membacanya bila ada waktu luang, saat mau tidur, dan lain sebagainya. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur-fitur media sosial seperti connect with facebook dan connect with email.  Dan yang lebih menariknya lagi, aplikasi ini menggunakan fitur followers/following, follow/unfollow, dan share. Tidak cuma itu, IJakarta ini memungkinkan kamu menggunakannya secara offline namun hanya sebatas membaca buku dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Sudah masuk kedalam IJakarta
  2. Sudah mendownload buku

Mungkin banyak orang yang bertanya, bagaimana caranya? Oke, saya akan mengajarkan cara menggunakan IJakarta dimulai dari proses instalasi aplikasinya.


Berikut spesifikasi minimal berdasarkan data yang saya ambil dari websitenya,

Untuk Android:
  1. 4.0 ke atas
  2. RAM 1 GB
  3. Ukuran layar 4 inch
Sedangkan untuk iPhone atau iOS:
  1. iOS 7.0 ke atas
  2. Optimal untuk iPhone 5
  3. Kompatibel dengan iPhone dan iPod Touch
Bila spesifikasi perangkat mu memenuhi spesifikasi minimal diatas, kamu bisa mendownloadnya dari websitenya langsung atau bisa melalui link dibawah ini:

Perlu kalian ketahui bahwa di playstore, IJakarta telah mendapatkan rating 4,1 serta 4+ di Appstore. Sizenya pun juga kecil, kurang lebih sekitar 28 MB. Untuk registrasinya, bisa kamu liat dibawah ini:

  1. Buka Aplikasi IJakarta
  2. Tekan tombol connect with facebook dan connect with email untuk masuk ke form registrasi
  3. Isilah form registrasi dengan benar
  4. Selamat!! kamu sudah berhasil melakukan registrasi
Setelah proses registrasi berhasil, akan muncul laman Dashboard dimana Dashboard ini terdiri dari beberapa fitur, antara lain profile, notification, balance, status badges, book to finish, list followers, dan list following. Jika kamu lupa password, kamu bisa menggunakan fitur Forgot Password. Forgot Password merupakan fitur yang digunakan apabila kamu (user) lupa akan passwordnya. user hanya disuruh untuk memasukkan email yang sudah terdaftar pada iJakarta. setelah itu akan ada email dari noreply@aksaramaya.com yang berisi tentang reset password.

Untuk lebih jelasnya, saya telah menyajikan beberapa video yang bisa kamu lihat mengenai IJakarta dibawah ini:




Mungkin dulu sebelum adanya perpustakaan digital, kamu memang malas membaca buku karena harus datang keperpustakaan dan lagi hal ini menyita waktu. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, munculah aplikasi IJakarta. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membaca tanpa menyita waktu kamu. kamu bisa baca kapanpun dan dimanapun yang kamu mau. Bahkan saya sendiri pun telah mencoba dan menggunakan IJakarta ini. Menurut saya, membaca buku dengan aplikasi IJakarta ini sangat menyenangkan. Selain itu, aplikasi ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat, terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pembekalan ilmu. Ada beberapa kata mutiara atau quote tentang membaca, diantaranya:

"Harta karun di dalam sebuah buku lebih banyak daripada hasil rampasan di seluruh kapal bajak laut Pulau Harta."
(Walt Disney)


"Buku lama adalah buku baru bagi mereka yang belum membacanya."
(Samuel Butler)

"Seorang penggemar buku biasanya adalah orang yang berpikiran mulia dan memiliki pendapat yang terhormat."
(Christopher Dawson)

"Buku mengisi jam-jam kita yang kosong dengan percakapan yang mungkin tak akan pernah selesai, tapi membuat kita tahu bahwa kita hanyalah penafsir tanda-tanda, di mana kebenaran menerakan jejaknya. Itu sebabnya kata pertama yang menakjubkan adalah BACALAH."
(Gunawan Mohamad)

"Dua kekuatan yang berhasil memengaruhi pendidikan manusia: seni dan sains. Keduanya bertemu dalam buku."
(Maxim Gorky)

Bagaimana pendapatmu tentang quote-quote diatas? Tapi, masih ada satu quote lagi, yaitu dari saya

"Buku adalah kawan sejati yang akan selalu memberikan pedoman untuk kita selama hidup didunia ini"

Jadi buat kamu yang malas membaca, rubahlah semua pikiranmu dan mulailah membaca buku apalagi sekarang sudah ada aplikasi IJakarta yang memudahkan kita untuk membaca. Ayo, mari kita membaca buku...



Artikel Ini Ditulis Untuk Mengikuti Lomba Konten Blog Dalam Rangka Hanjaba (Hari Anak Jakarta Membaca) 2016 yang diselenggarakan Oleh BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH
#BloggerHanjaba

No comments:

Post a Comment